Pages

6/05/2014

Analisis interaksi website: imdb.com

Internet Movie Database (IMDb) adalah situs web yang menyediakan informasi mengenai film dari seluruh dunia, termasuk orang-orang yang terlibat di dalamnya mulai dari aktor/aktris, sutradara, penulis sampai penata rias dan soundtrack. Situs web ini sekarang dimiliki oleh Amazon.com. Koleksi informasi film yang ditampilkan cukup lengkap, kita bisa melihat informasi film-film lama maupun film terbaru yang akan rilis di bioskop.

Website yang memiliki Alexa rank (peringkat situs) yang cukup tinggi ini sangat ramai dikunjugi, karena itu saya membuat analisis mengenai interaksi website ini terhadap penggunanya. Berikut adalah analisis saya baik dari segi antar muka pengguna, struktur link pada situs, maupun dampak perilaku sosial dan perilaku ekonomi baik dari sisi pengguna maupun pada pengelola situs.

Perilaku navigasi

Navigasi dalam website adalah arahan menuntun pengguna untuk menjelajahi (berpindah dari halaman yang satu ke halaman yang lain, membuka informasi-informasi tertentu) situs yang bersangkutan. Navigasi merupakan salah satu hal yang utama dalam perancangan setiap web site. Mood pengguna untuk berlama-lama membuka website juga dipengaruhi oleh baik tidaknya navigasi pada web site tersebut. Hal yang menjadi analisis saya dalam perilaku navigasi ini adalah menu navigasi, peta situs (site map), struktur kolom dan pencarian

Menu navigasi


Pada imdb.com, navigasi menu tertata secara horizontal. Navigasi link utama terletak pada bagian header sedangkan untuk link yang tidak terlalu sering dibuka pengguna (seperti halaman karir, tentang situs, dan periklanan) terletak pada footer website. Model navigasi header yang digunakan adalah dropdown. Posisi navigasi menu yang berada di atas (header) memberikan pengguna kemudahan karena pada saat halaman situs ter-load maka fokus pengguna pada umumnya ialah tampilan yang berada di atas terlebih dahulu. Dropdown terlihat pada website ini memberikan kesan sederhana pada tampilan karena menu yang nampak hanya menu utama saja, sub-menu akan tampil apabila kursor diarahkan pada menu utama. Lalu sisa link yang terletak pada footer akan membuat website lerlihat berisi, namun pandangan pengguna lebih bisa terfokus dalam menavigasikan website, dan tidak membuat pengguna pusing.

Navigasi menu utama (header)

Navigasi menu (footer)

Peta situs

imdb memiliki halaman peta situs yang berisi seluruh indeks halaman pada situs ini. Link yang mengarahkan ke halaman peta situs terdapat pada footer website. Pada peta situs imdb, berisi link halaman beserta keterangan halaman tersebut. Keterangan tersebut sangat membantu pengguna yang ingin mengetahui isi halaman sebelum membukanya.

Struktur kolom

Terdapat dua kolom pada bagian utama situs ini, kolom kiri adalah bagian utama pada website, sedangkan kolom kanan berisi konten-konten sekunder seperti quick link, update dari twitter dan kolom iklan.

Pencarian

imdb memiliki fasilitas pencarian yang dapat dijangkau di bagian header website, selain itu terdapat fasilitas 'advance search' yang membantu pengguna untuk mencari hal-hal yang lebih rinci di dalam website ini.


Perilaku pencarian

Dua fasilitas search yang ada pada situs ini bekerja dengan sangat baik. Fasilitas pencarian utama memiliki filter yang dapat menyaring pencarian berdasarkan kategori ternentu, dalam hal ini pencarian dapat didasarkan oleh judul film, judul serial tv, nama artis, bio artis, plot, dan lain lain. Pada advance search, pencarian film atau video benar-benar tersaring berdasarkan hal-hal sepele seperti lokasi pembuatan film, soundtrak, tagline dari pemerannya bahkan kata kunci yang berada pada sinopsis film.
Teknologi asyncronous seperti ajax pada imdb dapat menampilkan hasil pencarian seketika saat kita ketikkan kata kuncunya tanpa harus me-refresh halaman terlebih dahulu.





Dampak perilaku sosial

imdb bisa jadi sumber referensi bagi kita-kita untuk mencari film yang ingin ditonton. Didalamnya juga terdapat informasi yang berkaitan dengan film seperti, bio artis, nominasi yang pernah didapat, dan review dari para penggunjung. Ini mempengaruhi bagaimana cara kita mendapatkan informasi, dimana informasi dan hiburan dengan mudahnya kita akses lewat media digital. Selain itu, kita juga dapat berinteraksi satu sama lain antar sesama pengunjung dan memberikan tanggapan mengenai film-film yang kita suka.

Dampak perilaku ekonomi

Sumber pendapatan website ini terdapat pada:
  1. Iklan
  2. Akun Pro

Iklan

Media iklan menjadi hal yang sangat biasa dalam memperoleh sumber pendapatan untuk website, terdapat kolom iklan dikelola sendiri oleh imdb.com dan juga kolom iklan dari yang dikelola oleh amazon.com

Akun Pro

Imdb memungkinkan pengguna untuk membuat akun agar dapat mendapatkan berita-berita mengenai film terbaru. Lalu pengguna juga dapat mengupgrade akun tersebut menjadi Akun Pro.

Akun Pro adalah akun berbayar yang disediakan imdb untuk pengguna dengan keistimewaan khusus sebagai pengguna, karena ini akun berbayar pastinya fiktur yang ditawarkan juga berbeda dengan akun free, selain mendapatkan informasi mengenai film-film terbaru kita juga dapat mempromosikan diri sebagai cast dan mendapatkan info-info lowongan untuk menjadi bintang film. Telah disediakan juga fasilitas untuk membuat resume dan video demo untuk mempermudah mempromosikan diri kita. Profil diri kita akan terhubung dengan perusahaan-perusahaan pembuat film yang akan mencari talenta-talenta untuk dijadikan cast.

Bagi pengguna, dampak ekonomi yang dihasilkan adalah pengguna dapat terlibat dalam pencarian kerja sebagai cast, profil  mereka akan dipromosikan pada imdb. Pengguna me-manage sendiri video, adegan demo dan resume mereka yang diajukan langsung pada perusahaan pembuatan film. Semuanya itu harus melalui Akun Pro imdb.

Selain itu, tanpa melalui Akun Pro, imdb juga membuka lowongan pekerjaan bagi pengguna yang ingin bergabung untuk mengelola situs ini. Pekerjaan yang ditawarkan antara lain sebagai software developer, dan data editor.


refersi:
http://en.wikipedia.org/wiki/Internet_Movie_Database
http://www.aplikanologi.com/gaya-hidup/imdb-aplikasi-wajib-buat-yang-hobi-nonton/
5 le Journal de MVA: Analisis interaksi website: imdb.com Internet Movie Database (IMDb) adalah situs web yang menyediakan informasi mengenai film dari seluruh dunia, termasuk orang-orang yang terli...

No comments:

Post a Comment

< >