Pages

4/02/2014

Last.fm – konsep sebuah rekomendator musik dan jejaring sosial



Last.fm merupakan perpaduan layanan rekomendator musik, radio internet dan komunitas musik dengan jejaring sosial. Situs yang menggabungkan para penggunanya lewat musik ini merupakan layanan database musik terbesar dengan lebih dari 47 juta pengguna aktif sampai bulan Maret 2012.

Adapun fiktur menarik dari last.fm yaitu AudioScrobbler. Fiktur ini membangun detail profil selera musik setiap pengguna dari musisi, album, dan jenis musik dengan merekam lagu-lagu yang sedang didengarkan dari stasiun radio internet atau dari pemutar media di komputer pengguna, serta memadukan musisi yang sealiran dengan yang sedang didengarkan. Informasi tersebut akan ditransfer ke Last.fm dan secara otomatis ditampilkan ke dalam profil pengguna. Transfer informasi ini dinamakan Scrobbled.

Saya sendiri merupakan pengguna aktif sejak tahun 2009, pada saat itu pengguna diharuskan membayar US$3.00 untuk menikmati layanan penuh dari Last.fm. Namun sekarang pengguna sudah dibebaskan dari biaya tersebut, dan kita dapat menikmati layanan seperti streaming radio secara gratis pada last.fm.


Awal dari Last.fm

AudioScrobbler

Audioscrobbler adalah dari proyek perangkat lunak komputer yang dikembangkan oleh Richard Jones, seorang Sarjana Ilmu Komputer di Universitas Southampton. Jones mengembangkan plugin untuk berbagai macam pemutar musik. Audioscrobbler sendiri adalah mesin rekomendasi musik yang digunakan sebagai gudang penyimpanan yang dapat mencari musik berdasarkan kebiasaan musik yang didengar (kata Scrobbler sendiri diartikan sebagai “mencari”, “memproses informasi yang melibatkan manusia, musik dan data lainnya”).

Last.fm

Last.fm dibuat atas kecintaan terhadap musik. Last.fm awalnya adalah situs layanan radio streaming sekaligus situs komunitas online. Proyek yang dikembangkan pada tahun 2002 oleh Felix Miller, Martin Stiksel, Michael Breidenbruecker dan Thomas Willomitzer ini mempunyai keunikan, yaitu mempunyai domain dot fm dan juga mempunyai keistimewaan untuk menciptakan playlist musik berdasarkan profil dari pengguna.

Mendengar adanya proyek audioscrobbler, para pengembang last.fm ini pun tertarik dengan proyek yang dikerjakan oleh Richard Jones itu, ketertarikan tersebut menjadi awal  terbentuknya kerjasama di antara mereka. Lalu, AudioScrobbler dan Last.fm resmi bergabung pada tahun 2005 sebagai Last.fm, dan semua fiktur pada audioscrobbler diintegrasikan pada Last.fm.

Last.fm selanjutnya berubah menjadi situs jejaring sosial yang menyediakan layanan personal radio streaming dengan lagu yang disesuaikan dengan habbit pendengar sebagai pengguna layanannya.




Tahun 2006, situs Last.fm diperbarui dengan dilengkapi aplikasi software untuk radio streaming Last.fm dan memasukkan trek-trek lagu yang dimainkan di pemutar media lainnya. Perubahan lainnya adalah perbaikan sistem pertemanan dengan mengubahnya menjadi pertemanan dua arah. Lalu ada fitur “Dashboard” di mana pengguna bisa melihat informasi-informasi yang ada di profil mereka. Desain situs web juga diubah. Pada akhir 2006, Last.fm memperluas basis bahasa-bahasa di situs web-nya. Saat ini, Last.fm menggunakan 12 bahasa, yaitu bahasa Inggris, Jepang, Jerman, Spanyol, Perancis, Polandia, Portugis, Swedia, Russia, Turki, dan Cina.

Akuisisi CBS

tampilan tahun 2008

Modern last.fm (2007-2013)

Di awal tahun 2007 sempat terdengar rumor negosiasi antara Viacom dan Last.fm yang kabarnya akan membeli last.fm dengan harga US$450 juta. Namun, akhirnya pada akhir mei, CBS resmi mengakuisisi Last.fm dengan nilai US$280 juta. Tahun 2008 last.fm merombak hampir keseluruhan tampilan situsnya dengan beberapa fiktur-fiktur seperti galeri musik, rekomendasi lagu yang disempurnakan. Perubahan tersebut terbukti meningkatkan 20% trafik web ini. Last.fm juga telah melakukan banyak kerjasama untuk memasang aplikasi last.fm pada ponsel.


tampilan last.fm tahun 2012

Dengan dukungan EMI, BMG, Universal dan Warner, dan juga artis dan para musisi-musisi, mendengarkan lagu secara gratis pun terwujud, tetapi hanya untuk di Britania Raya, Amerika Serikat, dan Inggris. Sayangnya di luar dari wilayah tersebut, pengguna diwajibkan membayar sekitar $3 USD tiap bulannya untuk menikmati fiktur ini.

2014

Semakin banyak pengguna maupun musisi yang terdaftar pada last.fm membuat situs ini pun akhirnya berencana menghilangkan kewajiban subscribing atau beban biaya yang ditanggung pengguna untuk menikmati layanan streaming. Pengguna dapat mendengarkan personal station (music playlist) mereka sendiri dengan memanfaatkan musik yang bersumber dari Youtube. Last.fm juga akan menyempurnakan aplikasi mobile mereka agar memberikan keleluasaan untuk pengguna dalam menikmati fiktur last.fm secara mobile.

Setelah meniadakan fiktur bayar dan mengalihkan sumber musik mereka, last.fm saat ini tinggal fokus menyempurnakan mesin rekomendasi musik mereka – yang dikenal penggunanya sebagai Audioscrobbler.


Fiktur

Akun Pengguna

Akun pengguna dibuat secara gratis di situs web Last.fm, pendaftaran akun sudah termasuk akses ke fitur-fitur lengkap Last.fm.

Profil Pengguna

Setiap pengguna Last.fm dapat membangun profil musikal dengan berbagai cara: mendengarkan koleksi musik mereka lewat komputer atau dengan iPod yang sudah di install Audioscrobbler, atau dengan mendengarkan lagu di radio internet Last.fm. Semua lagu yang didengarkan pengguna akan tercatat secara otomatis ke profil pengguna dan di klasifikasikan di ‘top artist/track’ dan ‘musical recommendation’. Pencatatan secara otomatis ini dinamakan Scrobbling.

Halaman profil Last.fm menampilkan hal-hal umum seperti nama pengguna, avatar, tanggal mendaftar dan total trek lagu yang telah diputar. Ada fitur Shoutbox untuk mengetik pesan-pesan publik dan komunikasi dua arah antar sesama pengguna. Selain itu, halaman profil juga menampilkan daftar artis dan trek top, 10 trek yang sering diputar (bisa dimodifikasi), dan ‘Taste-O-Meter’ yaitu alat pengukur kecocokan selera musik para pengguna. Di bagian samping kanan halaman profil terdapat daftar teman-teman kita, tag-tag favorit, grup dan acara-acara yang akan datang.


Rekomendasi musik

Halaman rekomendasi Last.fm atau biasa disebut "Dashboard" ini berisi rekomendasi musik, acara, jurnal, dan para pengguna lain dengan selera musik yang sama. Semua dikaitkan dengan data pengguna. Sistem rekomendasi ini menggunakan algoritma filter kolaboratif, sehingga para pengguna dapat mencari dan mendengar trek-trek dari musisi yang tidak terdaftar di profil mereka, melainkan dari pengguna lain yang telah mendengarkan musik yang hampir sama. Juga ada jurnal-jurnal yang ditulis oleh para pengguna dan pengguna lain yang telah mendengarkan musik yang sama dengan selera kita akhir-akhir ini.



Grup/Komunitas

Last.fm memberi layanan grup untuk para pengguna dengan kesukaan yang sama (fans artis, jenis musik, dll.) sebagai wadah menyalurkan kesamaan tersebut. Pengguna mana saja bisa membuat grup dan menambah anggotanya, tetapi ada beberapa grup yang harus menunggu persetujuan ketua grup jika ingin bergabung.


Agenda/Events


Pengguna dapat mengetahui acara, konser, event apa saja yang akan datang sesuai lokasi di mana tempat mereka berada. Pengguna dapat menambah lokasi atau acara baru yang nantinya akan disambungkan ke halaman web artis.


Halaman Artis

Ketika sebuah trek ter Scrobbled’ke Last.fm, halaman web musisi di Last.fm akan muncul secara otomatis. Halaman ini menampilkan total lagunya dimainkan, total pendengar, trek popular mingguan dan trek lagu secara keseluruhan, pendengar top mingguan, grup, daftar musisi yang serupa, tags, dan shoutbox pesan. Ada juga link ke acara-acara musisi tersebut yang akan mendatang.


Tags

Fitur tag atau label ini gunanya untuk memberi label bagi musisi, artis, jenis musik, album, dan trek lagu sehingga para pengguna bisa mencari lagu hanya dengan tags-nya saja. Layanan terpenting dari fitur ini adalah Tag Radio, yang memungkinkan para pengguna untuk memutar musik yang sudah di-tagged dengan label tertentu. Tagging ini bisa diklasifikasikan sesuai jenis musik, mood, karakteristik musisi, dan apa saja sesuka para pengguna.


Chart

Salah satu fitur khusus Last.fm, gunanya untuk pengarsipan dan statistik tangga lagu mingguan, bulanan, dan tahunan secara rinci, yang juga bagian dari profil pribadi pengguna. Para pengguna mempunyai beberapa macam jenis tangga lagu, termasuk artis top, trek paling top, dan album paling top. Juga artis dan trek top mingguan. Tangga lagu ini dihitung berdasarkan angka seberapa banyak pengguna yang mendengarkan artis, album, atau trek tersebut yang direkam lewat Audioscrobbler atau streaming radio Last.fm.


Last.fm Player

Last.fm player ini adalah suatu software berbasis Adobe Flash dan perlu diunduh dan di install di komputer para pengguna agar bisa mendengarkan musik yang tersedia dari Last.fm dan juga untuk Scrobbling lagu-lagu koleksi pribadi para pengguna. Fitur ini bisa langsung diunduh ketika pengguna selesai mendaftarkan dirinya. Player ini memungkinkan para pengguna untuk mencari nama artis atau tag yang mereka inginkan. Player ini menampilkan nama stasiun radio, trek yang sedang dimainkan, artis, judul lagu, durasi lagu, detail album, foto artis, biografi artis, foto album, tag populer, dan top fans. Ada beberapa tombol dalam player yang memungkinkan pengguna bisa mengklik ‘love’, ‘skip’, atau ‘ban’ sebuah lagu. Tombol ‘love’ akan menambah lagu yang anda suka kedalam ‘Loved track list’ di profil Last.fm pengguna. Tombol ‘ban’ berarti lagu tersebut tidak akan diputar lagi.

Last.fm juga telah mengembangkan software Audioscrobbler untuk iPhone OS, Blackberry OS, dan Android OS. Lagi-lagi, aplikasi ini hanya dapat digunakan di Amerika Serikat, Britania Raya dan Jerman.


Pandangan dan Dampak

Last.fm menurut saya adalah suatu rovolusi dari jejaring sosial, dimana menggabungkan antara fungsi jejaring sosial itu sendiri dengan hal-hal lain, seperti mendengarkan musik. Jejaring sosial yang sangat populer seperti Facebook pun juga sudah menerapkan konsep seperti ini. Ini memberikan efisiensi bagi pengguna untuk menikmati konten-konten selain informasi sosial dalam satu akun, dan juga mengintegrasikan informasi yang ingin mereka bagikan dengan hiburan yang mereka nikmati di internet. Seperti misalnya saat saya mendengarkan lagu tertentu dan informasi tersebut secara otomatis ditampilkan pada profil milik saya.

Last.fm memberikan dampak yang baik, ini mendorong pengguna untuk memanfaatkan media musik streaming yang otomatis mengurangi aktivitas mereka untuk mendownload musik ilegal, pengguna pun dapat sekaligus memanfaatkan fiktur jejaring sosial yang disediakan untuk berbagi informasi ke sesama pendengar, maupun kepada komunitas. Mereka pun dapat melihat kegiatan seperti konser ataupun festival yang sedang berlangsung. Bagi musisi/artis, last.fm ini bisa dijadikan media promosi untuk memperkenalkan musik-musik mereka serta dapat terhubung dengan fans.


sumber:
Profil last.fm : gw_fadly
5 le Journal de MVA: Last.fm – konsep sebuah rekomendator musik dan jejaring sosial Last.fm merupakan perpaduan layanan rekomendator musik, radio internet dan komunitas musik dengan jejaring sosial. Situs yang menggabung...

No comments:

Post a Comment

< >