Pages

5/01/2014

9GAG dan 1CAK: Situs humor dengan media meme

9GAG


9GAG merupakan sebuah situs komedi online yang menampilkan berbagai media visual baik gambar ataupun video. 9gag dibuat pada tahun 2008 oleh Ray Chan, Chris Chan, Marco Fung, Brian Yu, dan Derek Chan. 9gag adalah startup yang berbasikan di Hong Kong dengan sebuah platform terbuka dan kolaboratif, situs ini memberikan kemudahan bagi para pengguna dalam menyebarkan hiburan visual secara cepat dan mudah. Situs 9gag ini telah dikunjungi lebih dari 65 juta pengunjung dan lebih dari satu miliar tampilan halaman per-bulan. 9gag memiliki komunitas pengguna paling aktif dari setiap situs komedi online lainnya.



Penggunaan

9gag mengijinkan para anggotanya (pengguna yang terdaftar pada situs tersebut) untuk dapat meng-upload media visual yang ingin mereka bagikan kepada dunia. Selanjutnya, media visual yang mereka upload akan di vote oleh para user lain dengan menekan tombol 'fun' yang berlambangkan ikon smile dan ikon sad. Ikon smile digunakan untuk me-like media visual yang telah di upload, sedangkan ikon sad untuk me-dislike media visual yang ada. Selanjutnya, media visual yang telah di upload akan masuk ke halaman vote terlebih dahulu, lalu jika media visual yang di upload tersebut mendapatkan lebih banyak vote di ikon smile daripada vote di ikon sad, maka media visual tersebut akan masuk ke halaman trending, dan setelah melalui proses vote di halamantrending jika media visual tersebut mendapatkan banyak vote di ikon smile maka media visual tersebut akan masuk ke halaman hot, yang merupakan halaman dimana tempat media visual yang paling banyak mendapatkan vote smile terkumpul. Bagi para 9gag-ers, adalah suatu kebanggaan tersendiri jika media visual yang mereka upload dapat masuk ke halaman hot.

Fasilitas Keyboard Shorcuts

Keyboard Shortcuts yang disediakan oleh 9gag untuk menavigasikan website adalah;
R : untuk random
H : untuk Hate atau untuk memberikan vote buruk terhadap suatu media visual.
C : untuk memberikan komentar.
J : untuk melihat media visual selanjutnya.
K : untuk melihat media visual sebelumnya.
L : untuk Like atau memberikan vote baik terhadap suatu media visual yang tersedia.

Meme


9gag memiliki restriksi umur terhadap media visual yang bertandakan 'NSFW (Not Safe For Work)' yang dapat diartikan sebagai media visual yang tidak ditunjukkan bagi anak yang masih di bawah umur karena kemungkinan dalam media visual tersebut terkandung unsur seksual atau unsur kekerasan. Untuk melihat isi dari media visual yang tersensor oleh tanda 'NFSW', para pengguna atau para pengunjung 9gag harus log in terlebih dahulu. Untuk menjadi anggota di 9gag, berkomentar, dan me-like media visual yang ada, cukup log in dengan menggunakan akun facebook yang anda miliki atau sign up dengan menggunakan alamat email.
9gag menampilkan berbagai macam meme yang sangat populer. Meme dapat terbagi menjadi dua tipe, yaitu meme yang biasa digunakan dalam 'Rage Comic' dan meme berupa foto yang memiliki tagline tersendiri sehingga menjadi ciri khas meme tersebut.

Beberapa meme asli dari 9gag dan meme lain yang sering muncul di 9gag:
Meme If You Know What I Mean
Derp
Meme Yao Ming
Meme Good Guy Greg
Meme Scumbag Steve
Meme Scumbag Stacy
Meme Troll
Meme LOL
Meme Successful Kid
Meme Bad Luck Brian
Meme One Does Not Simply atau Mordor Meme
Meme You Don't Say
Meme Forever Alone
Meme Okay
Meme Poker Face
Meme Oh God Why


1CAK


1CAK adalah situs hiburan yang menyediakan gambar dan video yang diunggah penggunanya. Situs ini juga dikenal sebagai penyedia hiburan lewatmeme internet. Layaknya situs-situs hiburan lain, seperti Digg, 9gag , faceboring dan reddit, pengguna 1CAK dapat memilih dan mengomentari gambar. Gambar terbaru dan paling populer muncul di beranda situs.



1CAK didirikan oleh Aji Ramadhan pada 17 Februari 2012 dengan nama 1CUK. Situs ini terinspirasi dari 9gag, situs hiburan dan media sosial sejenis yang berbahasa Inggris dan didirikan tahun 2008. Meskipun demikian, situs ini tidak persis 9gag, bahkan ada meme lokal Indonesia yang digunakan. Aji merasa nama domainnya (1CUK) dapat dibaca 'wancuk' (one-cuk), miripjancuk, suatu ungkapan kasar dalam bahasa Jawa. Maka dari itu, ia menggantinya menjadi 1CAK sejak 30 September 2012. Sejauh ini, 1CAK hanya menggunakan Google Adsense dan Tribal Fusion untuk menghidupi keuangan situs. 1CAK juga sudah merilis aplikasi mobile-nya. Beberapa meme lokal yang digunakan antara lain



Keyboard Shortcuts yang disediakan oleh 9gag untuk menavigasikan website adalah;
J : untuk melihat media visual selanjutnya.
K : untuk melihat media visual sebelumnya.
L : untuk Like atau memberikan vote baik terhadap suatu media visual yang tersedia.


Perbandingan

Mobile Apps



Kedua situs ini memiliki aplikasi mobile yang memudahkan pengguna dalam mengakses meme pada ponsel mereka. 9gag mempunyai dukungan aplikasi pada Android, iOS, dan Windows Phone, sedangkan 1cak mempunyai dukungan aplikasi pada Android.

Layout, UI and Features

Antar muka pengguna pada 9gag maupun 1cak dikembangkan dengan menggunakan teknologi HTML/CSS dan JavaScript. Keduanya memiliki layout yang tidak jauh berbeda. Dan juga, kedua situs ini memiliki layout yang responsif terhadap resolusi layar, sehingga dapat terlihat dengan rapih pada semua jenis perangkat yang digunakan seperti PC, tablet ataupun mobile phone. Namun menu yang ditampilkan 9gag jauh lebih banyak dibandingkan 1cak. 1cak sendiri hanya menfokuskan situs pada koleksi meme, sedangkan 9gag mempunyai beberapa fiktur lain, seperti: 9GAG TV dan Comic.

Alexa rank

Alexa rank merupakan. Semakin rendah angka alexa, maka semakin tinggi rating situs tersebut.  9gag memiliki rating lebih tinggi daripada 1cak.

Google Page Rank

Page rank adalah cara yang digunakan Google untuk menilai rating dari sebuah situs yang diindeks pada mesin mesin pencarinya. Menurut Google, sebuah situs akan semakin populer apabila situs lain meletakkan link yang menuju kepada situsnya. Peringkat halaman dihitung dengan skala 1-10, makin tinggin peringkat maka semakin didahulukannya pengurutan situs tersebut dalam hasil pencarian Google.
Hasil perbandingan PR pada kedua situs ini adalah 9gag memiliki peringkat yang baik daripada 1cak. Dari segi konten dan pengguna, 9gag memang jauh lebih banyak mengingat situs ini jauh lebih dahulu dirilis.


Alamat website 9gag.com 1cak.com
Rilis Februari 2012 2008
Peringkat Alexa 280 18.106
Google Page Rank 6/10 2/10
Bahasa Multi Bahasa English, Bahasa Indonesia
Fiktur Fiktur meme
Fiktur video (9gag tv)
Fiktur meme
Koleksi Meme Mengadopsi konten meme yang biasa terdapat pada situs meme. 9gag mempunyai konten lokal Mengadopsi konten meme yang biasa terdapat pada situs meme.
Fiktur keyboard shorcuts Mempunyai fiktur keyboard shorcuts



Arus traffic

9gag



1cak





sumber:
http://en.wikipedia.org/wiki/9GAG
http://id.wikipedia.org/wiki/1CAK
www.alexa.com/siteinfo

backlink:

5 le Journal de MVA: 9GAG dan 1CAK: Situs humor dengan media meme 9GAG 9GAG merupakan sebuah situs komedi online yang menampilkan berbagai media visual baik gambar ataupun video. 9gag dibuat pada tahun...

1 comment:

< >