Pages

10/03/2012

(C) Pak Kasir Si Juragan Sembako

Bismillah
Entah kenapa, awalnya hanya iseng gue mulai meninggalkan comfort zone gue dalam pemrograman Aplikasi WEB beralih ke Pemrograman Desktop. Awalnya iseng (iyasih) hanya kebetulan baca buku C dan C++ malah buat gue tertarik untuk mempelajari ini, ya mungkin karena sintaksnya cukup familiar dengan bahasa PHP dan JavaScript, yaudah deh coba gue dipelajarin, biarpun sebenarnya pikiran agak terpecah karena ge juga konsentrasi ke VB dan Java.
Program pertama jadi, (fiuhh) masih simple kok algoritmanya. Biasa, cuman program kalkulator sederhana pakai bahasa C++
Kebetulan, si dosen beri tugas kelompok nih "beri contoh program yang mempunyai masukan (input) berupa tipe data string, integer, bolean, date". Cari diluar sih banyak yaa, cuman gengsi dong programer kok malah senang jadi End-User. Karena gengsi-gengsi itulah mendorong gue untuk bergegas cari ide dan bikin program sendiri. Karena tugas itu khusus untuk minggu depan, ya kan jadinya ada waktu buat berfikir, "let's think!".
Singkat cerita aja, sempat kepikiran untuk buat aplikasi Mesin Kasir, "date untuk tanggal pembelian, bolean untuk konfirmasi, integer untuk inputan harga, string untuk login user. Nah kan lengkap tuh". Oke buat algoritma, tulis sintaksnya dan jreeng jadi.
Karena tugas kelompok, (haha gue kesannya jadi maruk nih) akhirnya programnya ditinggalin, algoritmanya dilupain dan kerjain ulang di depan temen-temen. Sebenarnya buat nge-tes aja sih (kemampuan menduplikasi) dan biar gue ga terkesan maruk karena pastinya gue nerima masukan teman-teman dalam menyelesainyan program baru ini
Dengan sedikit modifikasi program ini akhirnya jadi dengan beberapa tambahan, inilah "Pak Kasir Si Juragan Sembako" Aplikasi Mesin Kasir Sederhana
5 le Journal de MVA: (C) Pak Kasir Si Juragan Sembako Bismillah Entah kenapa, awalnya hanya iseng gue mulai meninggalkan comfort zone gue dalam pemrograman Aplikasi WEB beralih ke Pemrograman ...

No comments:

Post a Comment

< >